Selama bertahun-tahun, para pembuat perangkat keras enggan membuka spesifikasi dan kode program driver perangkat keras yang mereka buat. Meski sudah mulai ada yang terbuka, namun masih banyak yang enggan melakukannya.

Bila anda adalah vendor perangkat keras, barangkali anda khawatir bahwa bersikap terbuka akan mengungkap hal-hal penting mengenai bagaimana perangkat keras anda bekerja, sehingga bisa ditiru oleh pesaing anda. Argumen ini memang valid, namun pada era siklus produk tiga hingga lima tahunan. Kini, waktu yang digunakan insinyur pesaing anda untuk mempelajari dan meniru apa yang anda buat adalah waktu yang sangat merugikan mereka sendiri. Sebab, saat itu, mereka tidak menggunakan waktunya untuk melakukan inovasi dan diferensiasi pada produk mereka sendiri.

Ini bukanlah pandangan baru. Mantan KGB Chief, Oleg Kalugin menyatakan, “Misalnya, ketika kami mencuri milik IBM ke dalam cetak-biru kami, atau pada area elektronik lain yang mana Barat sudah melangkah jauh, dan kami tertinggal, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menerapkan usaha intelijen kami. Pada saat itu, dalam lima atau tujuh tahun, orang Barat (the West) sudah melangkah lebih jauh lagi, dan kami menjadi semakin tertinggal”.

Percepatan internet membuat efek ini semakin kuat. Jika anda benar-benar menjadi yang terdepan, penjiplakan merupakan jebakan yang anda ingin pesaing anda jatuh ke dalamnya.

Sebenarnya detail-detail perangkat keras tidak tersembunyi dalam waktu lama. Driver perangkat keras tidak seperti sistem operasi atau aplikasi. Ukuran driver cukup kecil, mudah dilakukan dis-assemble, dan mudah ditiru. Bahkan, pemrogram pemula yang masih remaja pun bisa melakukannya—dan mereka seringkali melakukannya.

Banyak pemrogram Linux dan FreeBSD dengan kemampuan dan sekaligus motivasi membuat driver untuk board baru. Berbagai jenis perangkat keras yang relatif sederhana interface-nya dan mempunyai standar yang dikenal luas (seperti disk controller dan kartu jaringan), para hacker yang sangat bersemangat ini bahkan bisa membuat prototype driver secepat yang dapat anda lakukan, bahkan tanpa dokumentasi dan tanpa melakukan dis-assemble driver yang sudah ada.

Bahkan untuk perangkat yang rumit seperti kartu video dan kartu suara, anda tidak bisa menghalangi pemrogram cerdas yang dipersenjatai dengan disassembler. Biaya yang diperlukan sangat rendah dan selalu ada celah dari halangan secara hukum. Linux adalah gerakan internasional, akan ada batas hukum yang melegalkan reverse-engineering.
Contoh yang sangat jelas bahwa klaim tersebut benar dapat anda lihat dari daftar perangkat keras yang didukung oleh kernel Linux. Perhatikan bahwa perangkat keras baru segera didukung dan ditambahkan ke dalam kernel, bahkan meski tanpa dukungan dari vendornya.

Alasan bagus lainnya untuk membuka driver anda adalah agar anda bisa berkonsentrasi pada inovasi. Biarkan orang lain yang mengurus driver perangkat keras yang sudah anda kembangkan. Bayangkan berapa banyak yang dapat dihemat bila anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan gaji bagi staf internal anda untuk menulis ulang, menguji coba, dan menyebarkan binari versi baru setiap kali ada rilis kernel. Anda tentu mempunyai hal lain yang bisa dikerjakan oleh staf internal anda dengan segala kemampuannya.
Alasan bagus lainnya lagi: tidak ada orang yang ingin menunggu enam bulan untuk perbaikan bug. Bila anda memiliki pesaing open source, mereka akan mengubur anda hanya untuk alasan bagus ini.

Para pelanggan juga menginginkan open source demi keamanan investasi di masa depan. Mereka menginginkannya karena tahu bahwa masa pakai perangkat keras mereka bisa melebihi masa dukungan vendor (dipandang dari efektivitas biaya).

Alasan terbaik adalah menjual perangkat keras adalah sumber uang anda. Pasar tidak menginginkan kerahasiaan driver anda. Bahkan sebaliknya. Jika driver anda susah dicari, berjalan kurang baik, atau harus di-update cukup sering, akibat buruknya adalah lebih sedikit perangkat keras yang dapat anda jual. Open source dapat menyelesaikan masalah ini dan menaikkan pendapatan anda.

Pesannya adalah: menutup rapat-rapat rahasia driver hanya menarik dalam jangka pendek. Barangkali merupakan strategi yang buruk pada jangka panjang (khususnya bila anda bersaing dengan vendor yang sudah terbuka). Bersikaplah terbuka sebesar-besarnya untuk membangun pasar anda dan menunjukkan kepada pelanggan potensial bahwa anda percaya pada kemampuan anda untuk out-think dan out-innovate pesaing anda jika perlu.

Bila anda tetap tertutup, umumnya anda akan mengalami situasi terburuk. Rahasia anda akan tetap terbuka, tidak ada bantuan pengembangan cuma-cuma, dan tidak ada waktu yang dibuang oleh pesaing anda untuk melakukan penjiplakan. Lebih penting lagi, anda kehilangan kesempatan untuk menyebarluaskan penggunaan awal mereka. Sebuah pasar yang besar dan berpengaruh akan mencatat perusahaan anda memberi cap buruk kepada bisnis anda karena anda tidak mengetahui hal ini. Lalu mereka akan membeli board ke pihak lain.