Berawal dari kicauan Mas Nukman Luthfie (@nukman) yang saya baca di Saling-Silang.com; Saya tertarik untuk menuliskannya di sini. Pernahkan Temans terpikir gimana ya nasib akun online bila pemiliknya sudah meninggal dunia? Berikut ini beberapa komentar di timeline Mas Nukman:

Kalau orang yang meninggal di dunia kan diantar ke dunia lain dengan hormat antara lain dengan dikubur. Bagaimana dengan akun online seseorang yang sudah meninggal? Apakah bisa dihapus atau di freeze atau dipindahtangankan kepada keluarga/ahli waris? Jawabannya adalah tergantung kebijakan dari masing-masing penyedia layanan online. Yang jelas, harus dilakukan sesuatu untuk menghormati si pemilik akun yang telah meninggal dunia dan agar akun tersebut terhindar dari penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, beberapa negara bagian di Amerika Serikat (Oklahoma, Rhode Island, Connecticut, dan Idaho) sudah memasukkan akun online orang meninggal dalam aturan hukum.

 

Oke, langsung saja, berikut ini kebijakan dari beberapa penyedia layanan online populer dan cara menggunakannya:

1. Gmail dan Hotmail mengijinkan keluarga dari pemilik akun yang sudah meninggal untuk mengakses akun emailnya. Syaratnya adalah mengirimkan bukti berupa Death Certificate (Surat Keterangan Kematian) atau link ke obituari publik orang tersebut. Nah, setelah itu terserah kepada keluarganya, apakah akan menghapus akun emailnya atau membiarkannya. Klik di sini untuk instruksi lengkapnya.

2. Yahoo tidak mengizinkan akses akun email orang yang sudah meninggal kepada siapapun. Yahoo hanya menyediakan pilihan untuk menghapus akun email tersebut. Ini bisa jadi pilihan jika Temans ingin alamat email yang tetap secure ketika Temans meninggal.

3. Facebook tidak memiliki kebijakan untuk menghapus akun orang yang meninggal. Kecuali Temans selaku keluarga/orang terdekatnya mempunyai passwordnya dan menggunakan menu Delete Account. Sebaliknya, Facebook menyediakan pilihan untuk mengenang akun tersebut. Istilah yang digunakan adalah Memorial Status.

Berikut ini yang akan terjadi pada akun yang sudah di-set memorialized:

  •  tidak lagi bisa melakukan update status
  •  tidak muncul dalam Suggestion Box
  •  hanya dapat ditemukan oleh confirmed friends dari akun tersebut
  •  tidak ada lagi yang bisa log in ke akun tersebut
  •  friends dari akun tersebut masih bisa menulis di Wall akun tersebut
  •  semua informasi contact seperti nomor telepon, alamat email, dan semua informasi pada tab Info (di sebelah Wall) akan dihapus
  •  foto atau video yang sudah diupload tetap dapat diakses

Keluarga dari pemilik akun facebook tersebut dapat mengisi form request seperti gambar berikut:

4. Twitter tidak memberikan akses informasi non publik. Twitter akan menghapus akun yang pemiliknya dilaporkan meninggal. Twitter hanya akan membantu keluarganya dalam me-recover public tweets dan informasi yang bersifat public saja. Klik di sini untuk informasi lengkapnya.

 

Bagi Temans yang masih hidup, silahkan direncanakan nasib akun online Temans sekalian nantinya. Kalau perlu dimasukkan dalam surat wasiat. Contoh: Kalau saya meninggal, tolong rawat kebun saya di FarmVille ya…

Bagaimana menurut Temans? Silahkan gunakan form komentar untuk berbagi pengalaman atau pendapat Temans mengenai hal ini atau sekedar menambahkan informasi. Monggo

 

Referensi:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Death_and_the_Internet

2. https://support.twitter.com/groups/33-report-a-violation/topics/148-policy-information/articles/87894-how-to-contact-twitter-about-a-deceased-user

3. http://www.deceasedaccount.com/laws_concerning_on_line_accounts_of_the_deceased

4. http://www.deceasedaccount.com/

5. http://www.facebook.com/blog.php?post=163091042130

6. http://www.zdnet.com/blog/igeneration/facebook-freezes-deceased-persons-profiles/3179

7. http://www.facebook.com/help/?page=185698814812082

8. http://www.facebook.com/help/?page=189165357807678

9. http://www.facebook.com/help/contact.php?show_form=deceased

10. http://consumerist.com/2009/02/update-facebook-agrees-to-take-down-dead-relatives-page.html

11. http://www.nytimes.com/uwire/uwire_VPBN11272007877044.html?ei=5034&en=33e2718e367cfc37&ex=1274072400&pagewanted=all

12. http://support.google.com/mail/bin/answer.py?hl=en&answer=14300

13. http://www.instantfundas.com/2011/01/how-to-access-deceased-persons-email.html

14. http://www.makeuseof.com/tag/what-happens-to-your-email-and-social-networking-sites-when-you-die/

15. http://mydeathspace.com/vb/content.php