google-apps-circle

Temans punya domain sendiri? Misal: domainsaya.com; Terus, pengen (atau terpikir untuk) punya email dengan alamat email@domainsaya.com? Tapi sayangnya hosting di domainsaya.com itu space-nya terbatas. Nah, salah satu solusinya adalah dengan membuat akun email@domainsaya.com via layanan Google Apps. Temans akan mendapatkan akses gratis layanan email Google (tak lain adalah Gmail), dengan kapasitas 10 GigaByte. Batasannya adalah 10 akun untuk 1 domain. Temans juga akan dapat layanan Google Apps lainnya seperti Calendar dan Docs.

Step 1 Daftarkan domain anda di Google Apps

Pertama-tama, kunjungi halaman pendaftaran Google Apps Standard yang free.

Akan muncul pilihan untuk mengisi nama domain. Setelah memilih nama domain yang ingin digunakan, baik yang sudah dimiliki atau bisa dibeli melalui partner Google. Berikutnya kita harus mengisi formulir untuk Administrator Account dan Organization Information, seperti berikut:

google_apps3

Form Administrator

google_apps4

Form Informasi Organisasi.

Step 2 Verifikasi domain anda  (Verifiy Domain Ownership)

Setelah selesai mengisi form, akan muncul tampilan ini. Klik Next untuk verifikasi domain.

Metode verifikasi yang disarankan adalah dengan mengunduh file .html yang disediakan oleh Google. Kemudian, upload file .html tersebut ke document-root dari domain kita. Sehingga file .html tersebut dapat diakses di domainkita.com/xxx.html (sesuai nama filenya). Kalau sudah, klik Verify. Metode ini adalah untuk membuktikan kalau kita adalah pemilik sah atas domain tersebut.

Step 3 Aktivasi  

google_apps9

Setelah itu, kita aktifkan fitur email dengan klik Activate Email.

Step 4 Setting MX Record DNS  

google_apps7

Bagian ini perlu diperhatikan jika belum ada fitur add-on DNS Gmail di hosting yang kita pakai. Pada kontrol panel hosting, ubah setting management DNS sesuai dengan catatan dari Google berikut:

Karena saya menggunakan hosting MasterWeb.Net, ternyata sudah ada fitur yang mempermudah pengaturan DNS untuk keperluan Google Apps/Gmail ini. Kalau Temans juga menggunakan hosting MasterWeb.Net SPanel atau berencana demikian, tinggal masuk ke menu Domain ->Kelola Domain dan DNS -> Pilih NamaDomainKita.com -> Sunting DNS. Disana ada dropdown menu untuk memilih template zone DNS bawaan. Pilih addon-gmail, lalu tekan Setting Default dan Selesai. Setelah itu kita juga  harus mengubah setting menjadi MX-Remote untuk penerimaan email kita, masih di SPanel, masuk ke menu Domain -> Kelola Subdomain -> Pilih NamaDomainKita.com -> Setting. Berikut ini langkah selanjutnya:

google_apps8

Step 5 Setup Mail.DomainAnda.com

Nah, kita sudah selesai. Kita sudah punya akun Gmail@DomainKita.com

Sayangnya, alamatnya agak panjang klo kita mau cek email. Biasanya berupa:

Dashboard Kontrol Panel Google Apps: https://www.google.com/a/cpanel/domainkita.com/

Akun Gmail@DomainKita.com: http://mail.google.com/a/domainkita.com/

Tapi jangan khawatir, klo semua setting sudah benar, kita bisa mengirim dan menerima email dengan alamat email@domainkita.com. Solusinya, alamat tersebut kita bookmark karena agak panjang. Atau, opsi berikutnya adalah mengaktifkan/mengganti setting cname pada DNS hosting kita dengan milik Google, sehingga alamat akun Gmail@DomainKita.com bisa dibuka melalui alamat:

http://mail.DomainKita.com

 

Ohya, kalau tertarik dengan versi berbayar, silahkan kunjungi:

http://www.google.com/enterprise/apps/business/pricing.html

Tersedia layanan Google Apps untuk organisasi/business mulai dari 5 dolar per user per month atau 50 dolar per user per year.

 

Selamat mencoba! Bila ada kendala, silahkan isi form komentar. Ohya, mungkin saja Google akan mengadakan perubahan pada tampilan layanan ini. Namun inti step-stepnya kira-kira sama.

 

Referensi:

1.  halaman pendaftaran Google Apps Standard yang free

2. http://www.google.com/apps/intl/en/landing/choosegoogle/tenreasons.html

3. http://mail.google.com/support/bin/topic.py?hl=en&topic=1295934