Jadi, ceritanya saya pengen nambahin nomor di setiap judul post pada blog ini. Maunya secara otomatis gitu. Supaya ndak ngedit 48 post yang sudah published. Dan tidak perlu menambahkan nomor post secara manual setiap kali nge-post. Maka saya pun googling dengan kata kunci “automatic numbering in post title” dan semacamnya. Ternyata tidak ada plugin untuk keperluan ini. Yang tersedia adalah code snippet untuk menambah meta-field baru dan meng-updatenya secara otomatis. Penggunaannya juga cukup mudah.

Colourful preschool numbers

Jadi nantinya post yang pertama (berdasarkan urutan waktu di-publish, yang duluan di-publish dapet nomor lebih kecil) mendapat nomor satu. Penomoran ini berbasis post_ID dari WordPress. Berikut ini kode yang bertugas menambah meta-field untuk penomoran post tadi. Tinggal ditambahkan di file functions.php pada themes yang sedang dipakai.

Ohya, untuk men-trigger alias membangkitkan efek dari kode ini, Temans harus membuat/mengedit/menyimpan ulang satu postingan. Berikutnya, tambahkan kode dibawah ini untuk menampilkan nomornya pada file php di dalam themes yang bertugas menampilkan judul post. Misalnya, untuk themes yang saya pakai sekarang, saya perlu menambahkannya di home.php dan single.php

Ohya, setiap kali ada post yang di-publish, di-delete, atau diubah dari published menjadi draft, penomoran ini akan secara otomatis bertambah/berkurang/berubah. Hasilnya seperti yang tampak pada homepage blog ini:

Nah, selamat mencoba!

Referensi lebih lanjut: 

WordPress.Org Support Forum

Gambar dari sini.