Halo temans, berikut ini daftar film dan serial bertema sains dan teknologi favorit saya. Bila temans ingin menambahkan judul lain sampaikanlah melalui kolom komentar di bawah. Rencananya daftar ini akan saya perbarui kalau ada yang pantas untuk ditambahkan.

  1. The Big Bang Theory (2007 – sekarang)

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt0898266/

TBBT bercerita tentang kisah cinta dan kehidupan sehari-hari 3 orang professor dan 1 orang engineer di California Institute of Technology (Caltech) yang berada di kota Pasadena, California. Serial komedi ini sangat menghibur dan bisa membantu mempersiapkan temans yang ingin kuliah ke luar negeri. Percakapan yang akan temans temui di TBBT seringkali mengandung kosakata ilmiah dan mirip sekali dengan percakapan sehari-hari di lingkungan universitas di Amerika.

  1. Bloody Monday (2008 – 2010)

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt1310548/

BM mengisahkan seorang hacker yang sangat piawai yang mempunyai semacam misi untuk menyelamatkan dunia. Serial ini juga bisa menguji pemahaman temans akan istilah-istilah khusus di dunia hacking, security, dan networking.

  1. Person of Interest (2011 – 2016)

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt1839578/

PoI menceritakan seorang hacker nomer wahid yang menciptakan The Machine, sebuah artificial intelligence system yang dia jual kepada pemerintah Amerika senilai 1 dollar saja, untuk memantau rencana aksi kriminal dengan memantau dan memilah SEMUA HAL yang terjadi melalui perangkat APAPUN yang terhubung ke internet. Sekali lagi, serial ini akan menguji lebih lanjut pemahaman temans akan istilah-istilah khusus di dunia hacking, security, dan networking. Serunya lagi, banyak adegan perkelahian indah yang dilakukan oleh seorang mantan agen CIA, hampir selalu dengan mengenakan setelan jas, yang disewa oleh sang hacker untuk membantunya mencegah rencana tindak kejahatan skala kecil yang tidak dihiraukan oleh pemerintah.

  1. Silicon Valley (2014 – sekarang)

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt2575988/

Silicon Valley adalah komedi seru tentang lima sekawan yang ingin mendirikan perusahaan berbasis teknologi informasi di lembah silikon, California. Agak berbeda dari serial di atas, istilah teknologi yang temans temui akan lebih banyak terkait dengan teknik pemrograman, scalability, dan tetap dibumbui dengan networking dan security. Selain itu, temans juga akan belajar tentang istilah hukum, manajemen, dan bisnis terkait pendirian suatu perusahaan.

  1. IT Crowd (2006 – 2013)

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt0487831/

IT Crowd berkisah tentang dua sekawan teknisi komputer sebuah perusahaan yang memiliki manajer seorang perempuan yang sama sekali tidak paham komputer. Bayangkan saja, sang manajer direkrut dengan resume pernah menggunakan keyboard dan mouse. Interaksi keseharian mereka pun tersaji sebagai sebuah komedi konyol yang terkadang bisa membuat temans tertawa sampai sakit perut.

  1. Hackers (1995)

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt0113243/

Ini adalah film tentang seorang anak yang dianggap membuat virus berbahaya dan dilarang menggunakan komputer sampai usia 18 tahun. Kemudian sang anak pindah ke New York dan bertemu sekelompok hacker yang salah satunya diperankan oleh Angelina Jolie di awal karirnya.

  1. Pirates of Silicon Valley (1999)

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt0168122/

Film ini menceritakan kisah awal pendirian Microsoft dan Apple, dua rival perusahaan teknologi terbesar yang masih bertahan hingga saat ini.

  1. The Social Network (2010)

IMDB: http://www.imdb.com/title/tt1285016/

Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan proses Mack Zuckerberg dan kawannya dalam mendirikan perusahaan media sosial bernama Facebook.

Sebenarnya masih ada beberapa yang lain yang saya anggap bagus, tetapi mungkin temans sudah tahu karena terbilang masih baru, seperti film The Imitation Game (2014), film Ex Machina (2014), serial Black Mirror (2011 – sekarang), dan serial Westworld (2016 – sekarang).

Selamat menonton!